Rabu, 16 Mei 2012

Naskah Drama Anak SD Kelas 4


Nahkah Drama anak SD

Karya : Febriyansah

Judul “Anak Baru”

Setting : Ruang kelas 4 Sekolah Dasar Cigebog
   Desa Cicau Kecamatan Kebon Lega
   Kabupaten Lembur Singkur

Tokoh-tokoh Dalam cerita :
Pa Guru           : Pa Maman
Anak Baru       : Oding
Anak Kelas 4 : 1. Utay
                         2. Nyai acih
                         3. Susan
                         4. Menah
                         5. Tarsih

Awal cerita di pagi hari di SD Cigebog tepat jam 7.30 pagi bel sudah berbunyi. Anak-anak berhamburan masuk ke kelas masing-masing. Dengan cepat mereka masuk dan segera menempati bangku masing-masing. Namun di luar Pa Maman guru kelas 4 masih berdiri seperti menunggu seseorang.
Tiba-tiba datang anak laki-laki berseragam putih merah menghampiri Pa Maman dan menyalaminya.
Anak Baru       : “Assalamualaikum (sambil bersalaman)”
Pa Maman       : “Wa’alaikum salam. Ayo, kita masuk ke kelas. Sudah bel.”

Kemudian mereka berjalan menuju kelas 4. Pada saat masuk mereka disoraki anak-anak didalam kelas.
            Anak-anak       :”Hore,hore ada anak baru !”
            Nyai Acih        :”Ganteng euy ganteng !”
            Susan               :”Biasa aja kali….”
            Tarsih              :”Kayaknya dari kota…….”
            Pa Maman       :”Sudah-sudah jangan ribut !
Akhirnya anak-anak pun diam dibentak Pa Maman yang terkenal tegas dan disegani anak-anak !
Pa Maman       :”Anak-anak, hari ini kita kedatangan tamu. Ini teman baru kalian    
                           Namanya Oding dari SD kota. Dia pindah kesini karena orang tuanya     
                           pindah tugas.”
            Utay                :” Tugas apa Pa ?”(sambil mengacungkan tangan)
            Pa Maman       :”Maksudnya pekerjaannya pindah ke desa ini sebagai penyuluh              
                                      pertanian.”
            Utay                :”Jadi kalau tidak punya pupuk cabe, bisa minta ke bapaknya Oding ya
   pa ?”
            Pa Maman       :”Bukan begitu Utay…….., bapaknya Oding Cuma ngasih pengarahan
   tentang pertanian bukan jualan pupuk.”
            Menah             :”Pa (sambil mengacungkan tangan), Oding sudah punya pacar belum ?”
            Anak-anak       :”Huuuuuh……….”
            Nyai Acih        :”Itu mah sudah punya aku tahu ………..”
            Anak-anak       :”Huuuuuh……….”
            Pa Maman       :” sudah-sudah. Masih kelas 4 sudah tahu pacaran. Pelajaran belum bisa.”
            Pa Maman       : “Oding kamu duduk dekat Utay ya…..”
Kemudian Oding duduk satu meja dengan Utay.
            Utay                :”kenalkan, namaku Utay.”
            Oding              :”Oding”
            Menah             :”Hai Oding…..aku menah”
            Oding              :”hai….”
Tiba-tiba obrolan mereka terpotong Pa Guru Maman
            Pa Maman       :”Anak-anak, karena hari ini bapak ada tugas penting dari Pa Kepsek, jadi
                                       Kalian mengerjakan tugas matematika halam 50 no.1-20. Nanti kalau
                                       Bapak sudah datang tugasnya sudah beres dan dikumpulkan di meja.”
            Anak-anak       :” baik …Pa Guru.”
            Pa Maman       :”Awas jangan ribut ya !, Bapak pergi dulu.”
Sesudah Pa Maman pergi anak-anak kembali mengobrol.Rupanya Nyai Acih, Tarsih dan Menah tertarik sama Oding, kecuali Susan yang memang rada cuek dan sok cantik.
Tarsih              :”hey, Menah, kamu mah kan sudah punya pacar si Karso anak kelas 5
   Wew.”
            Menah             :”Nggak, si Karsonya aja yang suka sama aku ye…..”
            Susan               :”Ih, ngapain sih ngerebutin anak baru…!”
            Oding              :”Eh, jangan ribut dong. Aku jadi ga betah nanti disini. Kamu tahu ga,
   kata mamah aku ya…..jangan pacar-pacaran tahu. Kan masih kecil, baru
   kelas 4 SD.”
            Utay                :”bener Ding, jangan deket-deket cewek, mereka mah sudah balaleger.
               Nanti dikawinin Pa Lurah loh.”
            Menah             :”emang mamah kamu ngomong apa lagi ?”
            Oding              :”Pokoknya jangan pacaran kalau masih kecil, nanti jadi anak bodoh
   karena pelajarannya terganggu.”
            Tarsih              :”Berarti kalau udah gede mah boleh dong …..”
            Oding              :”Iya, tapi ga boleh sama cewek bandel kaya kalian. Pada nakal….”
            Susan               :”huuuuh, rasain tuh……”
            Menah,Tarsih,
            Nyai Acih        :” biaaarin.”
Kemudian datang Pa guru Maman
            Pa Maman       :”Sudah beres …..?”
            Anak-anak       :”belum pa……” (mereka menjawab dengan kompak)
            Pa Maman       :”Apa saja yang kalian kerjakan dari tadi ?(dengan nada marah). Ya sudah
   kalau begitu kalian akan bapak hukum karena tidak mengerjakan tugas.”
            Utay                :”Pa, jangan ngebersihin WC lagi Pa !” (dengan memelas)
            Pa Maman       :”Baiklah, kalau begitu kalian semua berdiri di lapangan sampai pulang!”
Akhirnya mereka pun dihukum Pa Maman karena kenakalan mereka tidak pernah mengerjakan tugas.


Wassalam
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar